ANIMASI & DESAIN GRAFIS

Assalamualiakum. WR. WB.

Kembali lagi bersama saya dalam blog ini untuk menyelesaikan tugas dari matakuliah Peng. Animasi & Desain Grafis. Saya disini akan memberikan sedikit informasi tentang Animasi & Desain Grafis. Sehingga dapat memahami dan mengetahui apa saja yang berkaitan dengan Animasi & Desain Grafis.

Animasi

Animasi dapat diartikan sebagai gambar yang bergerak, terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) disusun secara beraturan  mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Animasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan mengerakan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalnya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Di dalam animasi ada dua objek penting, yaitu objek atau gambar dan alur gerak.

Secara umum dapat juga dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggang waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak. Prinsip dasar dari animasi ditemukan dari karakter mata manusia yaitu : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, dengan alat optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

Animasi juga disebut sebagai suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata sehingga perubahan yang terjadi tidak harus dalam bentuk gerakan, tetapi juga bisa berupa perubahan warna.

Sementara itu animasi juga memiliki beberapa jenis. Menurut  Hofstetter terdapat empat diantaranya, yaitu:

  1. Frame Animation
    Frame Animation adalah suatu animasi yang dibuat dengan mengubah objek pada setiap frame. Objek-objek tersebut nantinya akan tampak pada lokasi-lokasi yang berbeda pada layar.
  2. Morphing
    Morphing adalah peralihan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan memanipulasi lebih dari satu frame sehingga nantinya akan dihasilkan keseluruhan gerakan yang sangat lembut untuk perubahan bentuk satu ke bentuk lainnya.
  3. Computational Animation
    Computational Animation ialah uatu animasi yang dibuat dengan memindahkan objek berdasarkan koordinat x dan y. Koordinat x untuk posisi horizontal dan posisi y untuk posisi vertical.
  4. Vector Animation
    Vector Animation yakni suatu animasi yang dibuat dengan mengubah bentuk suatu objek.

Lalu juga animasi memiliki beberapa fitur software yang sangat bagus diantaranya.

  1. Blender
    Software ini merupakan salah satu software favorit untuk membuat animasi 3D. mengapa demikian karena software ini memiliki banyak fitur dan juga gratis. untuk mendapatkannya silahkan kunjungi website resminya di blender.org.
  2. Stykz
    Stykz merupakan software untuk pembuat animasi freeware. bukan hanya itu ternyata software ini Multi-Platform tersedia untuk Windows, Mac dan juga linux. untuk mendapatkanya software untuk pembuat animasi ini anda bisa mengunjungi www.stykz.net.
  3. 3ds max
    3ds max merupakan software yang diciptakan perusahaan Autodesk yang digunakan untuk membuat 3d animasi dan juga 3d model. kelebihan dari aplikasi ini adalah fiturnya yang sangat banyak. untuk mendapatka software untuk pembuat animasi ini anda bisa membelinya.

Itulah beberapa fitur software terbaik yang ada dalam animasi, selanjutnya saya akan membahas tentang Desain Grafis.

 

Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) untuk menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Atau dengan kata lain Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide-ide . dengan alat utama adalah gambar dan tipografi .

Disamping untuk penerapan pada bidang Seni Rupa secara Seni murni, Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, Signage dan lain-lain, untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Dari sini kita mengetahui bahwa Design Graphic adalah Cara Mengkomunikasikan lewat Media.

Informasi yang disampaikan menggunakan bahasa lisan (suara) yang dapat disampaikan secara tegas, ceria, keras, lembut, penuh gurauan, formal, dan sebagainya dengan menggunakan gaya bahasa atau visual yang sesuai, sehingga dapat dirasakan setelah membaca sebuah berita (tulisan), melihat foto atau ilustrasi, melihat permainan warna dan bentuk dari sebuah karya design yang berbentuk publikasi cetak atau visual.

Kemudian ada beberapa cara dalam penyampaian pesan lewat Desain Grafis

  1. Desain dengan Materi Gambar (Image)
    Desainer mengembangkan gambar untuk mewakili ide-ide klien yang  ingin berkomunikasi. Gambar dapat menjadi sangat kuat dan alat komunikasi yang menarik, penyampaiannya tidak hanya dengan informasi tetapi juga suasana hati dan emosi. Orang akan menanggapi gambar berdasarkan apa yang mereka ketahui dan mereka alami. Jadi kita harus menciptakan pesan visual berdasarkan apa yang ada dipikiran mereka.
  2. Desain dengan materi Simbol, Logo dan penulisan khusus (Logotypes)
    Simbol dan logo adalah bentuk yang khusus, bentuk informasi yang sangat kental atau berkarakter. Simbol adalah representasi abstrak dari sebuah ide atau identitas tertentu. yang akan mewakili konsep atau perusahaan tertentu. Logotypes adalah identifikasi perusahaan berdasarkan pada kata-kata yang dibuat khusus sehingga mengandung arti dan filosofi yang lebih luas dan tajam. desainer harus memiliki visi yang jelas dari perusahaan atau ide untuk diwakili dan menciptakan yang pesan diarahkan kepada makna tertentu.
  3. Desain dengan materi Tulisan (Type Based)
    Dalam beberapa kasus, desainer bergantung pada kata-kata untuk menyampaikan pesan, kadang dengan menggunakan kata-kata yang berbeda dari biasanya. Seperti Bentuk-bentuk tipografi khusus atau huruf buatan tangan, yang memberikan arti dan fungsi komunikasi. Desainer harus mempunyai kemampuan menyajikan informasi melalui tipography yang divisualkan dalam bentuk tertentu tapi bermakna pesan yang akan disampaikan.

Tetapi Desain juga dapat dibedakan menjadi beberapa kategori:

  1. Product Identity (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain  professional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan Lansdcape.
  2. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
  3. Desain Produk, packaging dan sejenisnya.
    Seorang Designer Grafis harus mempunyai pengetahuan komunikasi public yang cukup agar apa yang akan disampaikan kepada target tertentu dan situasi yang ditentukan akan diterima, dimengerti dan mengundang respon yang sesuai dengan konsumen tertentu.
  4. Web Desain: desain untuk halaman web.
  5. Movie & multimedia termasuk Video, animasi dan special effect.

Lalu Desain Grafis juga memiliki beberapa software bagus

  1. Corel Draw
    Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
  2.  Adobe Illustrator
    Interface yang hampir mirip dengan sepupunya, Adobe Photoshop, memudahkan pengguna yang sebelumnya sudah pernah memakai perangkat lunak manipulasi foto tersebut mengenali worksheet di Adobe Illustrator. Namun begitu, palet-palet yang ada di AI ini cukup membingungkan bagi user yang baru pertama kali menggunakan produk Adobe.

Begitulah beberapa software terbagus yang ada dalam Desain Grafis. Kemudian saya akan memberikan sedikit informasi tentang keterhubungan antara Animasi dengan Desain Grafis.

Hubungan antara Animasi dengan Desain Grafis terletak pada unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang dan warna. Sedangkan yang membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek structural komposisi yang lebih luas.

Iyaa begitulah sedikit informasi tentang Animasi dan Desain Grafis, nah kemudian dilanjutkan tentang sedikit cara untuk membuat animasi yang saya buat melalui software Stykz. Ini juga hanya animasi sederhana yang saya buat sekalian sambil belajar hehehe.

Pertama-tama kita buka dulu software Stykznya

a1.png

Lalu pilih “Create a New Document” jika itu ingin membuat animasi baru atau animasi pertama yang akan dibuat. Disitu juga tersedia ingin seperti apa document animasi yang akan dibuat.

Karena saya sudah membuat terlebih dahulu maka tinggal pilih yang ada di “Open a Recent Document” yaitu Main Bola yang berextensi .stykz.

b1.png

Pada gambar diatas terlihat ada interface dari Stykz yang telah saya buat. Di Software ini juga tidak terlalu banyak tool sehingga program animasi ini tidak begitu sulit untuk di operasikan.

Terlihat pada kiri bawah terdapat tool untuk cursor, editor, selector dan line-maker. pada tool ini kita bisa membuat dan mengedit stick figure. Lalu ada juga Workstage dimana stykz kita akan beraksi pada layar tersebut. Tapi dalam Workstage tersebut sudah terbuat animasinya yaitu main bola. Selanjutnya terdapat Stage Properties yang fungsinya mengatur ukuran, warna background dan ukuran node untuk workstage. Kemudian ada juga Commands Panel dimana tool ini terdapat pilihan seperti Play yang berfungsi untuk preview apa yang telah kita buat, Add stykz figure yang berfungsi menambahkan seorang stick figure baru, Add Piv 2 Figure dimana kita akan mengimport sebuah Pivot dari program pivot lain semisal Pivot Stick Figure Animator, dll. Dan Current Figure yang berfungsi mengedit stick figure yang terpilih dengan pilihan seperti Delete, Edit, Center, Flip, Color, Scale, Front, Back. Setelah itu  terdapat Controller Panel yang berfungsi sebagai control preview seperti Play, Rewind, Loop dan mengatur FPS (Frame Per Second)
Dan yang terakhir nomer 6 adalah Frames Panel. Panel ini berfungsi sebagai viewer dan preview animasi yang telah kita buat. Ada juga terdapat Frame yaitu untuk mengetahui ada berapa saja frame yang digunakan sehingga dapat mengetahui berapa menit animasi itu berjalan.

Dalam Stykz yang berjudul main bola saya buat frame sebanyak 450 berarti jika di hitung-hitung lama animasi itu bergerak berkisar satu menitan.

Kenapa membuat frame sebanyak itu, dikarenakan saya membuat animasi tersebut setahap demi setahap agar terlihat lebih tersusun rapih dan menarik hehe.

Gambar diatas adalah tahap awal dalam pembuatan animasi ini.

Gambar tersebut merupakan tahap penyeselaian dalam pembuatan animasi ini. Pada animasi ini menceritakan seseorang yang sedang menghibur diri sambil bermain bola. Tetapi tanpa disengaja ada temannya yg menghampir yang ikut bermain bersama lantaran ingin membuat temannya senang.

Gambar yang saya screenshot juga hanya beberapa, lantaran banyaknya frame yang dibuat jadi saya mengambil gambarnya yang penting-penting saja.

Demikianlah yang saya bisa sampaikan dalam blog ini untuk membuat tugas yang diberikan oleh dosen saya sekalian belajar buat animasi, desain dan juga semoga dapat bermanfaat yaaa hehehehe :D. Terima Kasih :D.

Wassalamualaikum. WR. WB.

Daftar Pustaka Atau Sumber.

http://www.xfoost.com/2015/07/12-software-untuk-membuat-animasi/1136/

http://aresthusa.blogspot.co.id/2014/09/stykz-adalah-sebuah-freeware-multi.html?view=classic

http://www.idseducation.com/articles/apa-itu-animasi/

http://www.satujam.com/software-desain-grafis/

http://klopidea.com/apakah-pekerjaan-design-grafis-graphic-designer-itu/

 

Tinggalkan komentar